Rabu, 20 April 2011

SEGO MBLEDOS


Bila anda berkunjung ke kota  Probolinggo, tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi kuliner sego mbledos. Sego mbeldos merupakan makanan yang hanya ada di Kota Probolinggo dan bentuknya unik menyerupai Gunung Bromo. Mungkin karena Probolinggo mempunyai tempat wisata Gunung Bromo sehingga masakan Khas kulinernya harus disuguhkan dengan bentuk khas gunung Bromo.
Karena menu kuliner sego mbledos hanya ada di Cafe van de goen, jalan Suroyo kecamatan Mayangan kota Probolinggo.
Sego mbeldos atau  dalam bahasa indonesia berarti nasi meletus merupakan menu andalan cafe ini yang nasinya menyerupai bentuk dari gunung bromo. Betapa tidak dengan bentuk menyerupai gunung dan disampingnya berisikan plecing kangkung layaknya savana gunung bromo yang eksotik.
Bahkan untuk sambalnya di bikin lumer dan berwarna merah  meyerupai lava pijar yang keluar dari gunung. Dikatakan mbeledos karena bila nasi ini dimakan  di dalam nasi yang bentuknya kerucut ini akan keluar berbagai macam lauk pauk seperti sambal goreng, ikan teri goreng dan urap urap. Dengan harga relatif murah hanya 10 ribu saja, lidah anda  akan dimanjakan dengan sensari rasa yang menggoda. Dijamin anda pasti ketagihan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar